Monday, December 23, 2013

Bolos kuliah

Setiap mahasiswa pasti pernah nyampe di titik jenuh buat berangkat ke kampus. Ngga mandang mereka kuliah semester berapa, pasti pernah ngerasain.

Gue yang baru semester pertama aja pernah bolos ngga masuk kuliah karena ngerasa jenuh. Padahal kata orang kebanyakan semester pertama itu semester di mana semangat kuliah masih membara.

Nah di sini gue mau cerita dikit tentang satu dari temen gue yang gue sendiri ngga ngerti kenapa dia ngga pernah masuk kelas tapi dia ada di kampus. Gue juga ngga berani nanya karena takut dia tersinggung. Ada temen yang bilang kalo dia udah keburu ketinggalan banyak kuliah karena sakit, jadi males kuliah takut ngga bisa ngimbangin sama temen yang lain. Iyasih dia sempat sakit gitu pas awal-awal semester abis ospek. Gue lupa dia sakit apa, pokoknya parah aja waktu itu. Tapi kalo masalahnya cuman takut ngga bisa ngimbangin kayaknya bukan alasan yang tepat. Anak ipa atau bahasa yang masuk jurusan ips aja bisa ngimbangin pelajaran yang ngga mereka cicipi di sma, nah dia cuman berapa bulan aja ngga ikut kuliah, seharusnya dia bisa, asalakan dia mau aja sih. Tapi keliatannya dia ngga mau.
Yang bikin gue lebih bingung lagi, ini anak kadang masuk pas ujian. Lah berarti itu bisa kan ngimbangin pelajaran.  Bukannya gue mau sok atau apa, kembali ke diri masing-masing aja sih. Pikirin orang tua di rumah yang banting tulang buat nyari uang kuliah kita. Masa ngga kita bales apa-apa? Masa boong juga kalo di sms,"Lagi kuliah dek?" Terus kita jawab "Iya Bu", tapi kenyataan nya kita duduk-duduk ngga jelas di taman kampus. Dosa kan?

Jadi solusi nya menurut gue, ini buat diri gue sendiri juga sih, kalo gue jenuh, males, kepikiran mau bolos kuliah, gue langsung maksain diri buat inget Ibu Bapak di rumah. Inget perjuangan mereka buat bikin kita duduk di bangku kuliah. Perjuangan mereka biar bisa liat anaknya dapet gelar sarjana. Langsung deh ilang itu males seketika. Semoga temen-temen yang pernah ngerasain kaya gue, terus ikutin cara gue, bisa ilang males nya ya.

0 comments:

Post a Comment